A. Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Usaha-usaha guru dalam membelajarkan siswa merupakan bagian yang sangat
penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Oleh karena itu pemilihan berbagai metode, strategi, pendekatan serta teknik pembelajaran merupakan suatu hal yang utama. Menurut Eggen dan Kauchak dalam Wardhani(2005), model pembelajaran adalah pedoman berupa program atau petunjuk strategi mengajar yang dirancang untuk mencapai suatu pembelajaran. Pedoman itu memuat tanggung jawab guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru adalah model pembelajaran kooperatif.
Apakah model pembelajaran kooperatif itu? Model pembelajaran kooperatif
merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok.Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah) dan jika memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Nur (2000), semua model pembelajaran ditandai dengan adanya struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan. Struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan pada model pembelajaran kooperatif berbeda dengan struktur tugas, struktur tujuan serta struktur penghargaan model pembelajaran yang lain.
Tujuan model pembelajaran kooperatif adalah hasil belajar akademik siswa meningkat dan siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya, serta pengembangan keterampilan sosial.
B. Prinsip Dasar Dan Ciri-Ciri Model Pembelajaran Kooperatif
Menurut Nur (2000), prinsip dasar dalam pembelajaran kooperatif sebagai berikut:
1.Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
2.Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota
3.kelompok mempunyai tujuan yang sama.
4.Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
5.Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
6.Setiap anggota kelompok (siswa) berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.
7.Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Sedangkan ciri-ciri model pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :
1. Siswa dalam kelompok secara kooperatif menyelesaikan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai.
2. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender.
3. Penghargaan lebih menekankan pada kelompok dari pada masing-masing individu.
Dalam pembelajaran kooperatif dikembangkan diskusi dan komunikasi dengan tujuan agar siswa saling berbagi kemampuan, saling belajar berpikir kritis, saling menyampaikan pendapat, saling memberi kesempatan menyalurkan kemampuan, saling membantu belajar, saling menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman lain.
C. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Terdapat 6(enam) langkah dalam model pembelajaran kooperatif.
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa.
2. Menyajikan informasi.
Guru menyajikan informasi kepada siswa.
3.Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menginformasikan pengelompokan siswa.
4.Membimbing kelompok belajar.
Guru memotivasi serta memfasilitasi kerja siswa dalam kelompok kelompok belajar.
5. Evaluasi.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
6.Memberikan penghargaan.
Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
message sob .. ..
gabung sob .. ..
mampir sob .. ..
download,klik sob .. ..
Marketing Mix [harga]
Marketing Mix [produk]
Mar Mix [saluran distribusi]
Mar Mix [promosi]
Pemasaran Global
Pemasaran Jasa
Periklanan dan Humas
Tafsir Ayat Ekonomi UAS
Kunci Soal pra UAS AP2
Angka Index
Deret Berkala
Korelasi Regresi
Normality Distribution
Analisis Regresi
Hukum Pajak Kas.9
Kebijaksanaan Fiksal
APBN dan Fiksal Islam
Pengangguran
Analisa AD-AS
Kemiskinan
BSM [Studi Ekonomi Islam]
Bursa Efek [SEI]
SDSN UU Perpajakan
UUPPh Baru
UUKUP Batang Tubuh
UUKUP Penjelasan
SKPKB [kurang bayar]
jangan lupa gabung sob ..
Marketing Mix [produk]
Mar Mix [saluran distribusi]
Mar Mix [promosi]
Pemasaran Global
Pemasaran Jasa
Periklanan dan Humas
Tafsir Ayat Ekonomi UAS
Kunci Soal pra UAS AP2
Angka Index
Deret Berkala
Korelasi Regresi
Normality Distribution
Analisis Regresi
Hukum Pajak Kas.9
Kebijaksanaan Fiksal
APBN dan Fiksal Islam
Pengangguran
Analisa AD-AS
Kemiskinan
BSM [Studi Ekonomi Islam]
Bursa Efek [SEI]
SDSN UU Perpajakan
UUPPh Baru
UUKUP Batang Tubuh
UUKUP Penjelasan
SKPKB [kurang bayar]
jangan lupa gabung sob ..
tulisan sob .. ..
-
▼
2011
(218)
-
▼
Mei
(105)
-
▼
Mei 17
(22)
- Sebagai Rasul terakhir Allah SWT, Nabi Muhammad SA...
- Penemu Bisnis Modern
- Makna Bisnis
- Konsep bisnis ala Rasulullas SAW
- Pembelajaran Kooperatif
- Pendidikan Politik
- Apa itu Kurikulum Apa lagi KTSP
- Menganalisa situasi sekolah dalam pengembangan KTSP
- Bimbingan Sosial
- Bimbingan Konseling dan Konsepnya
- Pengertian Konselor Pendidikan
- Definisi Teori Belajar
- Definisi Teori Belajar
- Definisi Psikologi Belajar
- Pengertian Ilmu Kalam
- Pengertian Ilmu Kalam
- <!--[if gte mso 9]> Normal 0 f...
- <!--[if gte mso 9]> Normal 0 f...
- <!--[if gte mso 9]> Normal 0 f...
- Pengertian Qira'ah Qur'an
- Timbulnya Kelompok-kelompok Islam
- Timbulnya Kelompok-kelompok Islam
-
▼
Mei 17
(22)
-
▼
Mei
(105)
cerita loe sob .. ..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

add me sob .. ..
kenalin sob .. ..

- nessyams erzal
- Purbalingga Perwira, Golden Water, Indonesia
- removing without spirits is nothing
belajar sob .. ..
-
Pasar Persaingan Sempurna Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC.Ekstrim pertama...
-
1. Psikologi. Kata psikologi berasal dari Bahasa Inggris psychology. Kata ini diadopsi dari Bahasa Yunani yang berakar dari dua ka...
-
Hukum acara Untuk tegaknya hukum materiil diperlukan hukum acara atau sering juga disebut hukum formil. Hukum acara merupakan ketentuan ya...
-
1. مَنْ سَارَ عَلىَ الدَّرْبِ وَصَلَ 1. Siapa berjalan pada jalannya sampai. 2. مَنْ جَدَّ وَجَدَ 2. Siapa bersungguh-sungguh, men...
-
الحَثُّ عَلَى التَعَلُّمِ 1 وَالجَاهِلُ صَغِيْرٌ وَإِنْ كَانَ شَيْخًا # العَالِمُ كَبِيْرٌ وَإِنْ كَانَ حَدَثًا وَلَيْسَ أَخُو...
-
Pengertian Istinbath Menurut bahasa adalah mengeluarkan atau menetapkan, sebagaimana dalam ungkapan استخراج الماء من العين Sedangkan...
-
1 رِسَـالَةُ كَتَبَـتْهَا بَاحِثَةُ البَـادِيَةِ المتوفى سنة 37 هـ مِنْ رَمْلِ الإِسْكَنـْدَرِيَّةِ لِصَدِيْقَةٍ لــهَاَ عَزِيـْزَتيِ...
-
1- أَوْصَى عَلِيُّ بْنُ أَبِى طَالِبٍ اِبْنَهُ حَسَنَ يَا بُنَيَّ: احْفَظْ عَنِّي أَرْبَعًا وَأَرْبَعًا لاَيَضُرُّكَ مَا عَمِلْتَ مَعَهُن...
-
PASAR UANG Pasar uang adalah suatu tempat pertemuan abstrak dimana para pemilik dana jangka pendek dapat menawarkan kepada calon pemakai ...
-
1. Tumpang sari (intercropping), melakukan penanaman lebih dari tanaman (umur sama atau berbeda). Contoh: tumpang sari sama umur seperti jag...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar