Pilar prestasi untuk mengangkat perekonomian perusahaan
Adanya kesempatan pasar yang menjadi faktor pendorong perusahaan untuk memperluas jangkauannya kepasar internasional. Tentu saja perusahaan internasional sendiri memberikan kontribusi pada proses perkembangan dan penciptaan kesempatan pasar pada negara tuan rumah.
Adanya kesempatan pasar yang menjadi faktor pendorong perusahaan untuk memperluas jangkauannya kepasar internasional. Tentu saja perusahaan internasional sendiri memberikan kontribusi pada proses perkembangan dan penciptaan kesempatan pasar pada negara tuan rumah.
Empat pilar yang mendukung prestasi
dan berdampak pada keahlian yang dimiliki sebuah perusahaan sehingga dapat
lepas dari krisis dan mengangkat perekonomian adalah:
Fleksibilitas global. Dengan adanya perbedaan harga di
berbagai kawasan, perusahaan berkinerja tinggi mampu memanfaatkan percepatan di
negara-negara yang tengah tumbuh. Caranya, mengintegrasikan mata rantai
persediaan, pengelolaan agen dan distribusi, didukung sistem informasi dan
proses bisnis yang profesional. Contohnya, Cooper Industries. Produsen produk
dan perkakas kelistrikan ini mengembangkan Cooper Connection untuk mengelola
hubungan dengan para distributor yang merupakan kontributor 83% pendapatannya.
Program mereka: memberi insentif bagi distributor yang dapat menambah atau
memperluas produk yang didistribusikan dengan sistem pull, bukan push.
Kekuatan harga. Memahami kebutuhan pelanggan
merupakan hal penting. Namun di dalam industri seperti ini, pemahaman tentang
pelanggan bisa dikatakan terlambat implementasinya. Mereka yang dapat membuat
analisis pasar untuk meningkatkan portofolio pelanggan dan inovasi, dengan
sendirinya menciptakan produk dan jasa yang sesuai dengan tuntutan pelanggan.
Contohnya, Kone Corporation, pembuat elevator dan eskalator dari
Finlandia. Mereka membuat kontrak pemeliharaan sebagai garansi produk, dengan
harga premium.
Produktivitas plus. Operational excellence adalah
cikal bakal kinerja tinggi untuk industri ini. Inisiatif berdasarkan six-sigma
merupakan indikasi program efisiensi operasional yang saling mendukung.
Melakukan alih daya untuk aktivitas non-inti dengan menggunakan jasa berbiaya
rendah juga merupakan pilihan strategis.
Kinerja manusia. Pilar terakhir adalah menciptakan
suasana pembelajaran yang terus-menerus dan memberi komitmen tinggi untuk
pengembangan karyawan. Kepemimpinan serta pengembangan keahlian memang
diselaraskan dengan nilai-nilai dan strategi bisnis perusahaan yang diterapkan
dengan menggunakan pengukuran dan sistem remunerasi yang kompetitif. Danaher
Corporations, pengembang teknologi inovatif, menuntut para eksekutifnya
menjalankan program pelatihan 7 tahap, yang dapat diselesaikan dalam dua tahun,
sehingga mereka dapat tetap bekerja dan sekaligus meningkatkan kualitas
kepemimpinan mereka.*
*editor nessyams erzal dan telah dipresentasikan prodi KUI-UIN SUKA
*editor nessyams erzal dan telah dipresentasikan prodi KUI-UIN SUKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar