KONSEP MARKETING MIX
Konsep
marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat
sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang
sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.Dalam
hal ini Swastha (1985 : 94) memberikan pengertian marketing mix adalah empat
variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan
yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Selanjutnya Kotler (1985 : 45-48) mengemukakan bahwa marketing mix dapat
dibagi menjadi 4 P sebagai berikut :
1.
Product (Produk)
2.
Price (Harga)
3.
Place (distribusi/tempat)
4.
Promotion (promosi)
Keempat produk di atas
merupakan penentu dalam menganalisa pasar secara keseluruhan, kami uraikan pengertian
dan penjelasan pada tiap bagian pada marketing mix/4P tersebut :
1. Product
(produk) adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan
perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan
kebutuhan.Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain
untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap
pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian
pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan
produk.
2. Price
(harga) Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi
produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi
pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.Harga merupakan indicator dari pada
barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi
pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang
ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan
keuntungan bagi perusahaan.
3. Place
(distribusi/tempat) Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan
lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada
tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.Dalam pencapain tujuan utama dari
pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa.Secara efisien dari
produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi)
sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke
konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.Barang yang dihasilkan oleh para
produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen,
tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan
dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen.
1. Promotion
(promosi) Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan
informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap
produk yang dihasilkan.Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen
dipasaran, serta memperkenalkan barang-barang baru yang diproduksi.
Lingkungan
Pemasaran ,Faktor Internal dan Eksternal Sebuah 'pemasaran lingkungan' adalah
faktor yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran proses untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan target pasarnya. Lingkungan pemasaran terdiri dari faktor
internal dan eksternal.Sebuah lingkungan pemasaran internal terdiri dari faktor
langsung yang mempengaruhi kemampuan bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan pelanggan. Faktor-faktor yang meliputi struktur perusahaan, pemasok,
perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.Lingkungan
pemasaran eksternal memiliki faktor-faktor besar yang mempengaruhi kemampuan
perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan target pasarnya.
Faktor-faktor ini meliputi demografi, ekonomi, alam teknologi, kekuatan hukum /
politik dan budaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar