Suatu industri
berbeda antara satu dan lainnya didasarkan atas karakteristik ekonomi (produk
yang dihasilkan dan konsumen yang diperebutkan), situasi persaingan, dan prospek perkembangan nya di masa datang.
Rerangka tentang
analisis industri dan persaingan secara singkat dapat di formulasikan ke dalam bentuk beberapa
pertanyaan sebagai berikut;
- Apa karakteristik ekonomi yang berpengaruh dalam suatu industri tertentu
- Apa faktor yang mempengaruhi kendali perubahan dalam suatu industri dan apa dampak dari masing masing kekuatan pendorong tersebut
- Kekluatan persaingan apa yang cukup dominan berpengaruh dalam suatu industri
- Jenis industri apa yang mempunyai posisi persaingan dominan dan yang tidak
- Bagaimana prospek dari msing masing jenis industri potensial di masa datang
Karakteristik
Ekonomi Dominan dalam Industri
Pengertian
Industri yang dipergunakan pada bagian ini diartikan sebagai kumpulan beberapa
perusahaan yang mempunyai kesamaan atribut produk dan pada umumnya mereka
bersaing dengan kelompok pembeli yang sama.
- Market size ( kecil sedang besar )
- Lingkup persaingan ( lokal, regional, national, global )
- Tingkat pertumbuhan pasar dan siklus kehidupan industri
- Jumlah pesaing dan besaran relatif dari masing masing perusahaan
- Dorongan untuk melakukan integrasi ke depan dan ke belakang
- Kemudahan dan hambatan untuk memasuki atau keluar dari jenis industri
- Pengaruh perubahan teknologi terhadap inovasi proses produksi
- Pengaruh skala ekonomi terhadap kegiatan manufaktur dan distribusi produk
- Kebutuhan Modal
- Tingkat keuntungan rata rata industri
Walaupun kekuatan
persaingan dalam suatu industri tidak persis sama, namun secara umum ,
persaingan dalam suatu industri
terbentuk dari lima kekuatan pembentuk persaingan
Sebagai pedoman
dasar bagai perusahaan dalam menghadapi
lingkungan persaingan dalam industri, maka strategi manager dapat menerapkan
beberapa pendekatan berikut
- Melindungi perusahaan dari pengaruh lima kekuatan persaingan yang terbentuk
- Berupaya mempengaruhi aturan persaingan dalam industri untuk kepentingan perusahaan
- Memperkuat posisi persaingan untuk maksud agar perusahaan dapat lebih banyak bermain peran dalam persaingan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar