Analisis Industri Pesaing

Suatu industri berbeda antara satu dan lainnya didasarkan atas karakteristik ekonomi (produk yang dihasilkan dan konsumen yang diperebutkan), situasi persaingan,  dan prospek perkembangan nya di masa datang.
Rerangka tentang analisis industri dan persaingan secara singkat dapat  di formulasikan ke dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut;
  1. Apa karakteristik ekonomi yang berpengaruh  dalam suatu industri tertentu
  2. Apa faktor yang mempengaruhi kendali perubahan dalam suatu  industri dan apa dampak dari masing masing kekuatan pendorong tersebut
  3. Kekluatan persaingan apa yang cukup dominan berpengaruh dalam suatu industri
  4. Jenis industri apa yang mempunyai posisi persaingan dominan dan yang tidak
  5. Bagaimana prospek dari msing masing jenis industri potensial di masa datang

Karakteristik Ekonomi Dominan dalam Industri
Pengertian Industri yang dipergunakan pada bagian ini diartikan sebagai kumpulan beberapa perusahaan yang mempunyai kesamaan atribut produk dan pada umumnya mereka bersaing dengan kelompok pembeli yang sama.
  1. Market size ( kecil sedang besar )
  2. Lingkup persaingan ( lokal, regional, national, global )
  3. Tingkat pertumbuhan pasar dan siklus kehidupan industri
  4. Jumlah pesaing  dan besaran relatif dari masing masing perusahaan
  5. Dorongan untuk melakukan integrasi ke depan dan ke belakang
  6. Kemudahan dan hambatan untuk memasuki atau keluar  dari jenis industri
  7. Pengaruh perubahan teknologi terhadap inovasi proses produksi
  8. Pengaruh skala ekonomi terhadap kegiatan manufaktur dan distribusi produk
  9. Kebutuhan Modal
  10. Tingkat keuntungan rata rata industri

Walaupun kekuatan persaingan dalam suatu industri tidak persis sama, namun secara umum , persaingan dalam suatu industri  terbentuk dari lima kekuatan pembentuk persaingan



Sebagai pedoman dasar  bagai perusahaan dalam menghadapi lingkungan persaingan dalam industri, maka strategi manager dapat menerapkan beberapa pendekatan berikut
  1. Melindungi perusahaan dari pengaruh lima kekuatan persaingan yang terbentuk
  2. Berupaya mempengaruhi aturan persaingan  dalam industri untuk kepentingan perusahaan
  3. Memperkuat posisi persaingan untuk maksud agar perusahaan  dapat lebih banyak bermain peran dalam persaingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar